Sabtu, 06 Agustus 2011

APA ARTINYA MABUK.?

webby yikwa
Menjawab pertanyaan tentang
DUNIA TEMPAT KITA TINGGAL
TUBUH KITA DAN APA YANG TERJADI PADANYA
KEHIDUPAN BINATANG
BAGAIMANA MULAINYA
ORIGINAL TITLE : Still More Tell Me Why Chapter 3 Our Bodi and What Happens To it
By Webby Yikwa

KATA PENGANTAR
Di dala tulisan ini terdapat jawaban terhadap pertanyaan Yang diperlukan untuk kecerdasan seseorang. Untuk memenuhi minat banyak orang, maka pertanyaan ini meliputi bidang yang seluas mungkin. Ia merangkum soal – soal yang menyangkut dunia yang kita diami, asal usulnya, hubungannya dengan planet – planet lain, serta tentang masa lampau dan masa depanya.
Tujuan tulisan ini bukan saja sekedar memberikan keterangan kepada pembaca, melainkan juga meransang pikiran mereka agar tergugah untuk melakukan penelitian lebih lanjut dalam ilmu pengetahuan. Sekarang ini orang berpendirian bahwa ilmu pengetahuan adalah milik seluruh umat manusia. Oleh karena itu, sudahlah sepantasnya tulisan ini disusun bagi keperluan pembaca di seluruh dunia.
Oleh
WEBBY YIKWA
APA ARTINYA MABUK.?
Dalam badan kita selalu akan terdapat kadar alcohol. Bahan – bahan hidrat arang, seperti pati atau gula atau sakar menghasilkan alcohol pada waktu penguraiannya, maka sedikit alcohol senantiasa akan masuk kedalam aliran darah manusia setiap sehabis makan. Kira – kira satu gram alcohol senantiasa akan terdapat dalam badan kita. Namun bila kita minum alcohol, kadar alcohol dalam darah kita akam meningkat.
Alcohol merupakan bahan pembius, tetapi jenis yang ringan. Bahan pembius ialah suatu benda yang masuk pada sel urat saraf dan melumpuhkannya. Tapi sebelum menjadi kelumpuhan, baha pembius akan menggiatkan serta meransang urat saraf itu.
Gejala pertama yang terjadi bila seseorang minum alcohol ialah peransangan pada selaput lender pada rongga mulut dan tenggorokan. Lalu meransang kelenjar air liur dan kelenjar geta lambung untuk menghasilkan cairannya. Karena itu, alcohol diminum orang sebagai peransang selerah makan.
Alcohol juga berpengaruh atas keadaan otot – otot badan. Alcohol meningkatkan kadar bahan bakar yang dapat dialihkan oleh otot menjadi energy kerja. Maka pada jangka pendek, alcohol memungkinkan kita melakukan pekerjaan fisik dengan lebih giat. Akan tetapi keadaan ini cepat berubah menjadi perasahan letih, sehingga akibat keseluruhannya kurang menguntungkan.
Rupanya alcohol, meransang pula kegiatan otak. Peminum alcohol akan bercakap dan bertindak lebih semangat. Kulit badannya menjadi merah, tekanan darahnya naik, dan kegiatan jantung serta pernafasannya meningkat pula.
Tapi kenyataannya, alcohol berpengaruh menggundakan kegiatan otak. Alcohol mempengaruhi fungsi utama otak , seperti, kemampuan berfikir, meninjau, dan memperhatikan sesuhatu. Daya kendali menjadi merosot dan daya akal berkurang pula. Banyaknya alcohol mempengaruhi seseorang tergantung kepada berbagai factor. Keadaan mental ini yang disebut “mabuk” berbahaya bila orang bersangkutan harus melaksanakan pekerjaan berbahaya, seperti misalnya mengendarai mobil atau melayani mesin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar